image: koranmu.com Netizen Indonesia - Lembaga Pemberdayaan dan Pengabdian masyarakat (LPPM) UHAMKA menggelar program pelatihan bert...
![]() |
image: koranmu.com |
Netizen Indonesia - Lembaga Pemberdayaan dan
Pengabdian masyarakat (LPPM) UHAMKA menggelar program pelatihan bertajuk
“Pembuatan dan Penggunaan Rubrik untuk Penilaian dan Peningkatan Belajar Siswa”
yang dilaksanakan di SMPN 135 Jakarta pada Februari 2019.
Program yang diikuti oleh para
guru dan mahasiwa ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman konseptual dan
keterampilan pembuatan rubrik penilaian.
Dosen Sekolah Pascasarjana UHAMKA
Siti Zulaikha mengajak para peserta untuk berlatih membuat rubrik penilaian
agar guru dapat menyelaraskan objektifitas dan tujuan pembelajaran. Ia
memberikan penjabaran mengenai pengenalan, fungsi, jenis, dan cara pembuatan
rubrik penilaian.
“Ketetapan dan kesesuaian
pembuatan rubrik penilaian berpengaruh terhadap peningkatan kualitas kinerja
pembelajaran siswa dan guru,” ungkapnya.
Siti Zulaikha menyampaikan
evaluasi dalam bidang Pendidikan menjadi aspek utama untuk menilai keberhasilan
suatu pembelajaran. Penilaian tersebut harus bersifat objektif berdasarkan
bukti empiris hasil kerja siswa.
Dalam melaksanakan penilaian
objektif, guru diwajibkan untuk memiliki rubrik penilaian dan rubrik tersebut
digunakan sebagai dasar penentuan skor hasil kinerja siswa. Namun faktanya,
guru seringkali kesulitan untuk menyusun butir-butir instrumen dan
mengembangkan rubrik penilaian. Padahal ketepatan penyusunan, pembuatan, dan
pengimplementasian rubrik penilaian memiliki dampak positif untuk perkembangan kinerja
pembelajaran siswa dan guru.
Dengan adanya program pelatihan
ini diharapkan guru dapat memahami cara penyusunan dan pembuatan rubrik yang
berguna dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Sumber: Koranmu.com