Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Ads Place

Dihadiri Narasumber dari Berbagai Negara, FK UHAMKA Selenggarakan Seminar Internasional Kesehatan Kerja

Dihadiri Narasumber dari Berbagai Negara, FK UHAMKA Selenggarakan Seminar Internasional Kesehatan Kerja Netizen Indonesia - Di era ...


Dihadiri Narasumber dari Berbagai Negara, FK UHAMKA Selenggarakan Seminar Internasional Kesehatan Kerja

Netizen Indonesia - Di era modern ini jenis pekerjaan sangat beragam, mulai dari buruh hingga pekerja profesional. Dengan pekerjaan yang dijalani tentu ada resiko yang perku di jamin.

Menteri ketenagakerjaan membuktikan jika angka kecelakaan kerja dengan nasional masih sangat tinggi yakni 103.000 per tahun. Di Indonesia Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kurang di tetapkan dengan maksimal.

Untuk itu Fakultas Kedokteran(FK) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) menyelenggarakan Seminar Internasional Kesehatan Kerja dengan tema "Management of Occupational Disease towards Helathy Workers to Escalate Productivity".

Kegiatan yang dilaksanakan pada 30 April 2019 di Grand Cempaka Hotel Jakarta ini dihadiri oleh 40 peserta dari berbagai institusi kesehatan, dokter, dan mahasiswa.

Acara ini menghadirkan narasumber yang mumpuni dibidangnya dari berbagai negara yakni DR. Mohh Yusoff bin Adon, M.Sc Malaysia, Lailana Purvis, MD, M.Sc, OHS (OM Spesialis) The Netherlands dari Belanda, Prof. Dr. Ali Ghufron, M.Sc, Ph.D (Dirjen Sumberdaya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Kemristek Dikti), drg. Kartini Rustandi, M.Kes (Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI), dr. Nusye Edithe Zamsiar, MS, Sp.Ok (Ketua Perhimpunam Spesialis Kedokterak Okupasi Indonesia), Krishna Syarif (Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Indonesia), dr. Sudjoko kuswadji, M.Sc (OM), PKK, Sp.Ok, dan dr. Anna Suraya,MKK, Sp.Ok (Kandidat PhD International Health, Ludwig Maximilian University Germany).

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Dekan FK UHAMKA Dr. dr. Wawang S. Sukarya, Sp.OG(k). MH.Kes Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ini merupakan seminar internasional  ia ingin uhamka menjadi salah satu universitas swasta dengan fakultas kedokteran terbaik dengan meningkatkan kualitas.

Seminar Internasional ini merupakan seminar pertama Fakultas Kedokteran UHAMKA dalam satu tahun berdirinya Fakultas Kedokteran.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI Drg. Kartini Rustandi. M.Kes menyampaikan bahwa masalah di pekerja ada tiga yaitu masalah akibat kecelakaan kerja, masalah penyakit akibat kerja, serta penyakit menular dan penyakit tidak menular yang ada.

Untuk Indonesia angka kecelakaan kerja meningkat karena kurangnya awareness. Kecelakaan kerja juga termasuk dalam kecelakaan saat berangkat dan pulang kerja termasuk kecelakaan lalu lintas.
Ada beberapa implementasi pelayanan kesehatan kerja yaitu Grakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif dan POS Upaya Kesehatan Kerja (Pekerja Fornal da Informal), Pembinaan atau Peningkatan Pelayanan Kesehatan Pekerja, Pengendalian Faktor Resiko Kesehatan Lingkungan dan Lingkungan Kerja, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Pembinaan SDM dan Profesi Kesehatan Kerja, dan Pembinaan Kesehatan Olahraga Masyarakat Pekerja.

Upaya kesehatan kerja ditunjukan untuk pekerja yang sehat dan produktif. Pelaksanaan K3 harus dilaksanakan secara bertahap.

"Harapan saya bahwa kesehatan kerja menjadi perhatian civitas akademika disini," ungkap beliau.

Dalam penutupnya beliau menyampaikan bahwa "Sehat hartaku yang harus ku jaga dan ku pelihara".
Dalam acara ini juga diadakan diskusi dengan narasumber serta hiburan tari saman dari FK UHAMKA



Latest Articles